BHAWANA JAYA

BHAWANA JAYA

Selasa, 26 Juli 2011

Ilmu navigasi darat

SALAM RIMBA!!!!!!

Selamat berjumpa dengan saya dan dalam kesempatan kali ini saya ingin berbagi ilmu untuk para kawan dan sahabat pecinta alam terutama bagi para pendaki lovers. Mendaki gunung termasuk suatu olahraga yang membutuhkan fisik yang ekstra kuat, tapi tidak hanya dengan fisik yang kuat saja kita bisa mendaki sebuah  gunung, tapi juga diperlukan mental yang lebih dari biasanya dan juga keberanian yang amat sangat kuat. Kenapa kok dibutuhkan mental dan keberanian???? Alasannya mudah. . .! Karena mendaki gunung adalah suatu kegiatan yang membuat kita secara langsung bisa berinteraksi dengan alam dan isinya, sedangkan isi didalam alam itu banyak sekali macamnya, contoh seperti didalam hutan, nah! didalam hutan itu banyak sekali yang menghuni, salah satunya pohon, hewan seperti kumbang, ular, monyet, burung, dan banyak sebagainya, termasuk juga makhluk gaib yang tidak bisa kita liat juga merupakan penghuni alam, maka dari itu kita dalam melakukan pendakian sebaiknya sebelum pendakian kita pesiapkan fisik, mental, dan keberanian agar saat pendakian fisik, mental maupun keberanian bisa optimal berguna.Dalam kegiatan pendakian siapapun boleh melakukan kegiatan ini entah itu pejabat, pengemis, pelajar, mahasiswa, pekerja, presiden, masyarakat sipil, ibu-ibu rumah tangga, dan siapapun itu bebas untuk bisa mengikuti kegiatan pendakian asal dalam pendakian bisa mematuhi peraturan-peraturan yang sudah diberlakukan oleh pihak perhutani daerah setempat dan yang pasti bisa menghargai hukum rimbanya sendiri, karna kita melakukan pendakian tersebut bukan disembarang tempat, tempat yang kita untuk mendaki tersebut jarang dikunjungi orang, kalaupun ada mungkin hanya penduduk sekitar gunung itu saja dan itupun pagi sampai sore, oleh karna itu dalamkegiatan pendakian ke suatu gunung kita harus bisa menghormati hukum-hukum yang berlaku ditempat itu.Ohh!!
Yaaa kawan. . . Olah raga mendaki gunung sebenarnya mempunyai tingkatan-tingkatan dan kualifikasinya, seperti yang sering kita ketahui dan kita kenal dengan istilah mountaineering. Menurut bentuk dan jenis medan yang dihadapi, mountaineering dapat dibagi menjadi banyak jenisnya, seperti hill walking, scarmbling, dan climbing, dll. Pendakian diwajibkan seminimal-minimalnya 3 orang, KENAPA???? itu mungkin yang ada dalam benak anda, apakah 2 orang saja tidak boleh???? atau mendaki gunung tanpa ditemani orang lain juga tidak boleh???? Itu sah-sah saja dan boleh-boleh saja tapi resiko pendakian sebuah gunung itu sangat banyak seperti patah tulang, kesleo, masuk angin, muntah-muntah karna tekanan pada ketinggian, hipotermia, dan resiko yang paling buruk diantaranya jatuh kedalam jurang, tersasar entah dimana itu, dan yang paling fatal meninggal dunia, lha dari resiko-resiko tersebut bila anda melakukan pendakian sendiri tanpa ada yang menamani dan kemudian terjadi seperti hal-hal diatas???? iJawabnya pasti "TIDAK". Maka dari itu jika kita melakukan pendakian seminimal-minimalnya 3 orang, karena jika kita tersesat dalam suatu pendakian kita masih bisa bersama dan mencari jalan keluar, dan jika kita terjatuh dalam jurang ada 2 teman kita yang bisa menolong, dan masih banyak contoh lainya. Dan saya tegaskan lagi!!! Mendaki gunung minimal 3 orang!!! OKEY????.
Dalam pendakian resiko terburuk yang paling ditakuti banyak pendaki adalah "TERSESAT". Kata-kata ini memang sangat rawan dalam pendakian,  tapi untuk menghindari kata-kata diatas. kita bisa mempelajari ilmu yang dinamakan "NAVIGASI DARAT". "NAVIGASI DARAT" merupakan ilmu yang banyak digunakan oleh pendaki-pendaki diseluruh dunia. Kalaupun kita belum pernah mendaki ke gunung yang  belum pernah kita daki, kita bisa tetap melakukan pendakian bila kita paham dengan ilmu "NAVIGASI DARAT", banyak yang bisa kita lakukan dengan ilmu "NAVIGASI DARAT" dan biasanya ilmu "NAVIGASI DARAT' ini memang sering dilakukan dalam pendakian.. .

Nah. . . .!!! Untuk kawan-kawan yang ingin lebih mengetahui apa itu "NAVIGASI DARAT" ataupun apa itu" NAVIGASI DARAT", 

0 komentar:

Posting Komentar

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More